Minggu, 05 Februari 2023

Locke: arti sebuah tanggung jawab

Saya tidak pernah mengira jika obrolan telepon saat berkendara menjadi sangat seemosional itu. Mungkin saya tidak pernah mengalami hal demikian dan berharap tidak. Dimana suatu kesalahan kecil yang membawa Ivan Locke ke satu setengah jam perjalanan menegangkan.

Ivan meninggalkan posnya akibat pergumulan satu malam yang tak sengaja berbuah janin dan akan terlahir di dunia. Hal ini mengancam karir dan keluarganya. Malam itu, dia tancapkan gas mobilnya ke sebuah rumah persalinan untuk menyelesaikan apa yang seharusnya ia lakukan. 

Film ini menggambarkan dalamnya rasa tanggung jawab dan dedikasi Ivan. Ivan mungkin dapat menolak mengakui bayi yang dikandung perempuan. Tapi dia adalah laki-laki yang sangat kaku dan merasa harus mengatasi semua masalah yang diakibatkannya. Berbanding terbalik dengan ayah biologisnya yang menelantarkan dan dirawat ibunya. "you need to do what you must", mau suka ataupun tidak. Ivan menggadaikan pekerjaan dan keluarganya malam itu. Hal yang sedikit mengganjal adalah Ivan tidak mau dipanggil oleh suster sebagai pasangan namun hanya sebagai ayah. 

Tapi jangan kaget juga saat menonton film ini karena hanya ada satu scene saja yaitu mobil berjalan di atas tol. Justru ini adalah bagian terbaiknya bagi saya. Obrolan singkat Ivan dari Bethan (Wanita Hamil), Keluarganya dan Koleganya yang saling bersaut-sautan yang mengubah emosinya selama perjalanan. Setiap ada pergantian obrolan terasa situasi yang semakin memanas. 

Locke seperti lorong bagi Ivan untuk instropeksi, memahami dan berbenah diri. Dalam keadaan terdesaknya, berusaha memetakan apa yang dapat dia lakukan dan mencoba yang terbaik. Walaupun dirinya harus menyiapkan diri ada dimensi yang memang ada kalanya lepas dari kontrolnya. 

5 Feb 23
Khoyrudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar